Kelebihan dosis suplemen vitamin c beresiko batu ginjal

Salam Hangat Dari Orang Karawang. Kang Baa.

Menurut penelitian terbaru dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia, seperti dikutip dailymail.co.uk, orang yang mengkonsumsi suplemen vitamin C setiap hari memiliki risiko dua kali lipat menderita batu ginjal. Hal ini sudah diduga sejak lama bahwa kelebihan dosis vitamin C bisa meningkatkan risiko batu ginjal.
Suplemen pada umumnya mengandung sekitar 1.000 miligram vitamin C per tablet. Kebanyakan suplemen vitamin C berisi 500 atau 1.000 mg. Beberapa peneliti menjelaskan, beberapa komponen dari vitamin C diserap oleh tubuh dan dikeluarkan melalui urin sebagai oksalat. Nah, oksalat ini termasuk salah satu komponen kunci penyebab batu ginjal. Batu ginjal sendiri terdiri dari kristal kecil, yang terbentuk dari gabungan kalsium dengan oksalat.
Menurut para ilmuwan, tidak ada manfaat yang jelas dari mengkonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi. Namun, ditegaskan bahwa tubuh manusia tetap membutuhkan banyak vitamin C yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran. Misalnya, segelas jus jeruk segar bisa mengandung sekitar 120 mg vitamin C.
Vitamin C merupakan bagian penting dari pola makan yang sehat, dan efek vitamin C terhadap risiko batu ginjal ini tergantung pada dosis dan kombinasi nutrisi yang dikonsumsi.



Referensi :
http://gayahidupsehat.org/awas-kelebihan-dosis-suplemen-vitamin-c-berisiko-batu-ginjal/#more-941



Daftar Isi Blog Berdasarkan Label / Category

0 Response to "Kelebihan dosis suplemen vitamin c beresiko batu ginjal"

Post a Comment

Sahabat? alangkah baiknya berkomentar dahulu sebelum meninggalkan halaman. Karena Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar. Dan Satu keuntungan bagi anda dengan meninggalkan komentar, jika anda juga mempunyai blog. Maka, meninggalkan komentar adalah salah satu cara alternatif untuk membuat blog anda terindeks di search engine. Tapi komentarnya yang berhubungan dengan artikel ya? karna, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus dan terjaring otomatis oleh spam filter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel