Kesehatan holistik



Salam Hangat Dari Orang Karawang. Kang Baa.

 Kesehatan Holistik

Kesehatan holistik adalah sebuah konsep yang memandang seluruh faktor potensial yang dapat memberikan efek pada kesehatan pasien pada saat melakukan pemeriksaan kesehatan seseorang. Kesehatan holistik pada praktek sehari-hari membawa seluruh aspek pada seseorang seperti kebutuhan, fisik, kondisi sosial, status mental sebagai suatu kesatuan yang dipandang secara menyeluruh. Selain itu aspek spiritual juga harus dipertimbangkan ketika melakukan analisa kondisi seseorang secara keseluruhan. Aspek spiritual ini tidak mengacu pada sebuah ideology keagamaan, tetapi mengacu pada inti atau keberadaan hakiki seorang manusia.
  
Sejarah 

     Penyembuhan secara holistik adalah sebuah ilmu dari jaman purba yang sudah ada sejak 5.000 tahun lalu dan berakar pada ilmu yang berkembang di Cina dan India saat itu. Pendekatan holistik mengedepankan ide cara hidup yang sehat melalui harmonisasi dengan alam.  Aristoteles dan Socrates pun memberikan ide dari keahlian mereka yang menganjurkan memandang kesehatan sebagai satu kesatuan, bukan bagian demi bagian.

Pengobatan holistik didefinisikan oleh Canadian Holistic Medical Association sebagai berikut.

     Pengobatan holistik adalah suatu sistem perawatan kesehatan yang meningkatkan hubungan kerja sama di antara semua pihak yang terlibat, mengarah ke pencapaian optimal, aspek emosional, sosial dan spiritual fisik mental kesehatan.
     Ini menekankan untuk melihat kebutuhan semua orang. Termasuk analisis gizi, emosional, nilai-nilai sosial, spiritual dan gaya hidup lingkungan fisik. Ini mencakup semua modalitas dalam diagnosis dan perawatan, termasuk obat-obatan dan operasi jika tidak ada alternatif yang aman. Pengobatan holistik berfokus pada pendidikan dan tanggung jawab untuk usaha pribadi untuk mencapai keseimbangan dan kesejahteraan.


PERAWATAN HOLISTIK
Semua bentuk praktik keperawatan yang tujuannya adalah membantu kesembuhan seseorang secara menyeluruh
Perawat melihat pasien sebagai manusia secara total dimana ada keterkaitan antara tubuh, pikiran, emosi, sosial/budaya, spirit, relasi, konteks dan lingkungan
(American Holistic Nurses’ association)
Asuhan keperawatan yang didasarkan kepada perawatan pasien secara total yang mempertimbangkan kebutuhan fisik, emosi, sosial, ekonomi dan spiritual seseorang ( Anderson, Anderson dan Glaze, 1994 ).
Perawat perlu mempertimbangkan respon pasien terhadap penyakitnya dan mengkaji tingkat kemampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dirinya
Perawat harus menjadi teman yang mendukung dan memotivasi pasien, mendorong pasien agar pasien memahami arti kehidupan
Referensi :
http://www.holisticmed.com/whatis.html
http://www.tanyadok.com/kesehatan/kesehatan-manusia-holistik
http://b11nk.wordpress.com/2010/11/22/perawatan-holistik/ 



Daftar Isi Blog Berdasarkan Label / Category

0 Response to "Kesehatan holistik"

Post a Comment

Sahabat? alangkah baiknya berkomentar dahulu sebelum meninggalkan halaman. Karena Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar. Dan Satu keuntungan bagi anda dengan meninggalkan komentar, jika anda juga mempunyai blog. Maka, meninggalkan komentar adalah salah satu cara alternatif untuk membuat blog anda terindeks di search engine. Tapi komentarnya yang berhubungan dengan artikel ya? karna, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus dan terjaring otomatis oleh spam filter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel