FUNGSI DAN MANFAAT VITAMIN BAGI TUBUH - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai

Fungsi Vitamin 

Berikut ini fungsi vitamin yang terdapat pada makanan dan minuman. 

1. VITAMIN A 

Fungsi vitamin A (Retinol) bagi tubuh manusia yaitu untuk menjaga kesehatan bagi kulit, sebagai antioksidan, sebagai pendukung dalam perkembangan janin di dalam rahim, dan sebagai kesehatan mata. Akibat kekurangan vitamin A yaitu penyakit katarak, daya tahan tubuh melemah, dan penuaan lebih dini. Sedangkan akibat kelebihan vitamin A yaitu gangguan pada kulit, dan bagi wanita haid tidak lancar. Makanan sumber Vitamin A berasal dari susu, sayuran hijau, hati dan wortel. 

2. VITAMIN B1 

Fungsi vitamin B1 (Thiamine) bagi tubuh manusia yaitu mencegah penyakit beri-beri, menjaga kesehatan fungsi saraf dan kesehatan bagi jantung. Makanan sumber Vitamin B1 berasal dari susu, roti, daging tanpa lemak, gandum, dan kacangan-kacangan. Dampak kekurangan Vitamin B1 yaitu akan terjadi gangguan kulit, penyakit beri-beri, imunitas tubuh menurun dan susah buang air besar (BAB). Sedangkan dampak kelebihan Vitamin B1 yaitu akan sistem keseimbangan tubuh tidak ordinary dan refleks otot berkurang.

3. VITAMIN B2 

Fungsi vitamin B2 (Riboflavin) untuk tubuh manusia adalah untuk perkembangan sistem tubuh dan kesehatan kulit. Makanan Sumber Vitamin B2 berupa susu, daging tak berlemak, buah pisang, kacang kedelai, kacang hijau dan sayuran hijau. Dampak kekurangan Vitamin B2 yaitu bibir kering dan pecah-pecah, gangguan kulit, dan menurunnya daya tahan tubuh. 

4. VITAMIN B3 

Fungsi Vitamin B3 (Niacinamide) bagi tubuh manusia adalah meningkatkan nafsu makan, meningkatkan sistem saraf, dan sebagai pengubah kalori menjadi energi. Makanan Sumber Vitamin B3 berupa susu, roti, sayuran hijau, ikan, daging, brokoli dan alpokat. Dampak kekurangan Vitamin B3 yaitu otot mudah tegang, susah tidur (a sleeping disorder), nafsu makan berkurang, dan badan cepat letih. 

5. VITAMIN B12 

Fungsi Vitamin B12 (Methylcobalamin) yaitu mencegah penyakit paleness dan menjaga kesehatan sistem saraf. Makanan sumber Vitamin B12 yaitu daging warna merah, susu serta sayuran hijau. 

6. VITAMIN C 

Fungsi Vitamin C (asam Askorbat) untuk tubuh manusia adalah untuk kesehatan gigi dan gusi, pembentuk sel darah merah, menjaga sistem imun tubuh, dan antioksidan. Makanan sumber vitamin C yaitu ikan, mentega, dan buah-buahan. 

7. VITAMIN D 

Fungsi Vitamin D (Kalsiferol) bagi tubuh manusia adalah untuk pembentukan gigi dan tulang. Makanan sumber Vitamin D yaitu susu. Selain itu, pancaran sinar matahari pagi hari juga merupakan vitamin D alami yang diperlukan oleh kesehatan tubuh kita. 

8. VITAMIN E 

Fungsi vitamin E (Tocopherols) bagi tubuh yaitu menjaga kesehatan kulit dan mengendalikan kelebihan asam lemak. Makanan sumber Vitamin E yakni minyak ikan, minyak sayur, dan gandum. 

9. VITAMIN K 

Fungsi vitamin K (Menaquinones) untuk kesehatan tubuh yaitu mencegah osteoporosis dan diabetes. Dampak kelebihan vitamin K yaitu bisa menyebabkan hemolisis sel darah merah. Makanan sumber vitamin K adalah sayuran hijau dan buah alpukat.


Manfaat Vitamin Bagi Tubuh

Vitamin merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita, vitamin yang menjadi salah satu faktor utama bagi kesehatan tubuh. Bila ada yang tidak tercukupi atau kekurangan akan menyebabkan timbulnya suatu penyakit dalam tubuh kita. 

Disamping manfaatnya untuk kesehatan tubuh, vitamin juga bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Udara kotor yang sering kita jumpai setiap hari, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, bisa membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap suatu penyakit. Dengan adanya vitamin yang tercukupi di dalam tubuh kita, akan menangkal semua kotoran yang kita hirup atau kita terima setiap harinya. 

Vitamin merupakan senyawa organik dan memiliki peranan penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Pada umumnya vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan termasuk zat yang cepat rusak bila dihadapkan pada zat asam. 

Tersedia 13 jenis vitamin utama dan setiap vitamin memiliki fungsi-fungsi yang berbeda untuk tubuh, tapi pada umumnya vitamin memiliki fungsi spesifik termasuk dalam mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Dari ke 13 vitamin tersebut, vitamin dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu vitamin yang larut dalam lemak terdiri dari vitamin A, D, E, dan K serta vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C.

5 Responses to "FUNGSI DAN MANFAAT VITAMIN BAGI TUBUH - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai"

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  3. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  4. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    ReplyDelete
  5. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya :)

    ReplyDelete

Sahabat? alangkah baiknya berkomentar dahulu sebelum meninggalkan halaman. Karena Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar. Dan Satu keuntungan bagi anda dengan meninggalkan komentar, jika anda juga mempunyai blog. Maka, meninggalkan komentar adalah salah satu cara alternatif untuk membuat blog anda terindeks di search engine. Tapi komentarnya yang berhubungan dengan artikel ya? karna, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus dan terjaring otomatis oleh spam filter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel