FUNGSI DAN MANFAAT PROTEIN BAGI TUBUH MANUSIA - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai

Protein 

Makanan yang mengandung protein dapat berasal dari hewan maupun tumbuhan. Protein dari hewan disebut protein hewani, sedangkan dari tumbuhan disebut protein nabati. Protein mengandung zat yang sangat dibutuhkan tubuh yaitu asam amino. 
Kegunaan protein bagi tubuh:
  • membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak,
  • untuk menghasilkan energi atau tenaga, dan
  • membentuk hormon dan enzim dalam tubuh. 
Sumber protein cukup banyak. Sumber protein hewani misalnya telur, daging, susu, dan keju. Makanan ini merupakan sumber utama protein karena mengandung 10 asam amino utama. Adapun protein nabati dapat diperoleh dari biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran.

Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia � Protein merupakan beberapa kumpulan dari zat-zat dan molekul-molekul organik seperti oksigen, hydrogen, nitrogen, fosfor, karbon, sulfur, dan fosfor serta asam amino yang terdapat dalam bahan makanan yang biasa kita konsumsi di setiap harinya. Dalam ilmu gizi, protein diartikan sebagai kelompok makro nutrisi berupa senyawa asam amino. 

Fungsi protein bagi tubuh yang utama yaitu sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme pada tubuh manusia. Dan yang perlu anda ketahui bahwa protein itu tidak diproduksi dari tubuh kita melainkan bersumber dari makanan yang mengandung protein yang kita konsumsi. Artinya manfaat protein baru dirasakan ketika kebutuhan protein harian tercukupi melalui makanan sumber protein. 


Fungsi protein 
Lantas apa saja fungsi protein itu ? Diatas telah disebutkan bahwa fungsi utama protein sebagai zat pembangun tubuh. Nah dibawah ini beberapa fungsi-fungsi protein penting lainnya, yaitu :
  1. Menyokong berbagai aktivitas pada organ tubuh dan pula metabolisme tubuh. 
  2. Pada setiap gramnya, protein dapat menghasilkan molekul-molekul protein sebanyak 4,1 kalori, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. 
  3. Sebagai sarana untuk mengatur metabolisme pada tubuh. 
  4. Untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dengan asam basa. Sehingga kestabilan PH cairan pada tubuh kita akan berjalan dengan ordinary. 
  5. Dapat digunakan untuk seseorang yang sedang menjalani slim down gula untuk dijadikan sebagai asupan energi utama dalam tubuhnya. 
  6. Protein merupakan bahan sintetis substansi yang sangat dibutuhkan tubuh seperti organel sel, zat immune response, dan juga hormone. 
  7. Dapat difungsikan juga sebagai zat pembangun untuk membantu compositions pertumbuhan pada anak-anak dan remaja. Karena protein akan memberikan asupan yang sangat cukup terhadap sel-sel dalam tubuh. 
  8. Protein juga dapat menangkal radikal bebas ataupun zat-zat asing yang akan merusak dan menelusup pada tubuh kita untuk menghancurkanya, sehingga kesehatan tubuh akan sangat terjaga. 
  9. Fungsi protein bagi tubuh manusia yang withering utama yaitu untuk pembentukan serta sel-sel pada tubuh. Dan protein akan jadi makananya otot supaya dapat tumbuh dan berkembang. Jadi jika otot terpenuhi oleh protein, maka otot akan terpelihara dengan baik. Sehingga dapat membantu pembakaran lemak untuk menyeimbangkan berat badan supaya tetap perfect. 
  10. Protein sebagai peranan dalam mempercepat reaksi biologis. 
  11. Protein juga dapat berfungsi untuk mengangkut serta menyimpan zat yang akan berubah menjadi protein yang terdapat pada hemoglobin, sehingga dapat mengangkut oksigen pada eritrosit, dan protein yang terdapat pada mioglobin juga dapat mengangkut oksigen dalam otot

5 Responses to "FUNGSI DAN MANFAAT PROTEIN BAGI TUBUH MANUSIA - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai"

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  3. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  4. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    ReplyDelete
  5. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya :)

    ReplyDelete

Sahabat? alangkah baiknya berkomentar dahulu sebelum meninggalkan halaman. Karena Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar. Dan Satu keuntungan bagi anda dengan meninggalkan komentar, jika anda juga mempunyai blog. Maka, meninggalkan komentar adalah salah satu cara alternatif untuk membuat blog anda terindeks di search engine. Tapi komentarnya yang berhubungan dengan artikel ya? karna, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus dan terjaring otomatis oleh spam filter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel