MANFAAT DAN CIRI CIRI JAMUR KUPING - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai

Jamur kuping (Auricularia auricula) merupakan salah satu kelompok jam parasites yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jam yang unik. Fungi yang masuk ke dalam kelas ini umumnya makroskopis atau mudah dilihat dengan mata telanjang. Miseliumnya bersekat dan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu: miselium preliminary (miselium yang sel-selnya berinti satu, umumnya berasal dari perkembangan basidiospora) dan miselium sekunder (miselium yang sel penyusunnya berinti dua, miselium ini merupakan hasil konjugasi dua miselium groundwork atau persatuan dua basidiospora). Auricularia auricula umumnya kita kenal sebagai jamur kuping. Jamur ini disebut jamur kuping karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga manusia (kuping).

Klasifikasi ilmiah 
  • Kingdom : Fungi 
  • Divisi : Basidiomycota 
  • Kelas : Agaricomycetes 
  • Ordo : Auriculariales 
  • Famili : Auriculariaceae 
  • Genus : Auricularia 
  • Spesies : A. auricula-judae 
Nama binomial 
  • Auricularia auricula-judae
Ciri-ciri jamur kuping antara lain sebagai berikut : 
  1. Bentuknya menyerupai seperti mangkok, dan kadang-kadang terlihat seperti cuping telinga. 
  2. Memiliki berbagai warna diantaranya hitam, coklat kehitaman, ataupun coklat tua. 
  3. Memiliki breadth 2 hingga 15 cm dengan daging yang tipis dan kenyal. 
  4. Jamur kuping memiliki tekstur yang kenyal saat masih segar. Sedangkan jika dalam keadaan kering, jamur ini memiliki tekstur yang keras hampir seperti tulang. 
  5. Compositions reproduksi vegetatif pada jamur ini adalah dengan cara bertunas, konidia, dan fragmentasi miselium. Sedangkan reproduksi generatif berlangsung dengan cara menggunakan alat yang biasa disebut dengan basidium untuk menghasilkan spora yang disebut basidiospora. 
  6. Siklus hidupnya hampir sama dengan siklus hidup jamur tiram dan shitake, yaitu menghasilkan spora dalam jumlah yang besar, bentuknya kecil dan ringan pada saat tubuh buah sudah menua. 

Kandungan Gizi Jamur Kuping 

Kandungan gizi yang ada dalam jamur ini terbilang cukup lengkap. Kandungan nutrisi yang terdapat pada jamur yaitu air, protein, lemak, karbohidrat, dan juga serat. Pada jamur kuping terdapat pula berbagai macam vitamin dan mineral. Jenis vitamin yang ada dalam jamur kuping ialah thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, dan folat. Serta kandungan mineral yang terdapat pada jamur kuping seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Kandungan nutrisi dan gizi tersebutlah yang menyebabkan jamur jenis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Jamur ini biasanya tumbuh liar di pohon tumbang dan tempat yang lembab. Tetapi saat ini, setelah banyak diketahui manfaatnya untuk kesehatan dan di cari banyak orang, akhirnya jamur ini banyak dibudidayakan. Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa jamur kuping bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Berbagai penyakit seperti stroke, penyakit jantung, dan darah tinggi dapat diatasi dengan mengonsumsi jamur jenis ini. Jamur ini bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah sehingga mencegah penyumbatan dari pembuluh darah. Seperti yang kita ketahui bahwa penyumbatan pembuluh darah akan berakibat lethal karena dapat menyebabkan seseorang mengalami stroke. Berikut penjelasan lengkapnya tentang manfaat jamur kuping bagi kesehatan. 

Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan 

1. Mengobati Penyakit Stroke 

Penyakit stroke adalah salah satu pembunuh utama di dunia, penyakit ini mampu menyebabkan kelumpuhan bagi penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung maupun ke otak. 

Dengan mengonsumsi lendir yang dihasilkan jamur kuping maka akan bermanfaat dalam mengencerkan kembali peredaran darah yang menggumpal dalam tubuh. 

2. Mencegah Penyakit Jantung 

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang withering mengerikan bagi manusia, hal ini disebabkan karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyakit jantung ini disebabkan karena tidak lancarnya peredaran darah dalam tubuh. 

Untuk itu disarankan bagi seseorang yang menderita penyakit jantung untuk mulai mengonsumsi jamur kuping. Karena manfaat dari mengonsumsi jamur ini adalah untuk mengencerkan dan melancarkan peredaran darah yang sebelumnya mengental, sehingga dapat mengurangi atau mencegah terjadinya penyakit jantung. 

3. Mencegah Anemia 

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting dalam compositions produksi sel-sel darah. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit pallor yang disebabkan kurangnya darah dalam tubuh. 

Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala seperti lelah, lemah dan pusing. Kandungan zat besi dalam jamur kuping adalah yang tertinggi dibandingkan dengan sayuran yang lain. Dengan mengkonsumsi jamur kuping secara rutin maka tubuh akan memproduksi sel darah agar dalam jumlah yang ordinary, sehingga dapat mengobati atau mencegah penyakit pallor. 

4. Dapat Mencegah Gangguan Alzheimer 

Jamur kuping merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah berusia tua. Ekstrak polisakarida yang terdapat dalam jamur kuping mampu menghambat salah satu enzim yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer. 

5. Mencegah Iritasi dan Peradangan 

Ekstrak polarisakarida yang terdapat dalam jamur jenis kuping ini berfungsi sebagai hostile to inflamasi. Hal ini berguna untuk mencegah iritasi dan peradangan yang terjadi pada selaput lendir. 

6. Menurunkan Kolesterol 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan polarisakarida yang terdapat dalam jamur kuping mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Untuk itu bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa mencoba mengkonsumsi jenis jamur seperti ini dalam berbagai menu olahan. Namun ingat, hindari olahan masakan berminyak yang malah dapat memicu kenaikan angka kolesterol dalam darah anda. 

7. Menurunkan Resiko Stress 

Kandungan vitamin B-2 yang terdapat pada jamur kuping mampu membantu mendukung sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghindari push. 

8. Penangkal Radikal Bebas 

Tubuh seseorang juga memerlukan Vitamin B2 (riboflavin) untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang nantinya akan bertindak sebagai bahan bakar dalam tubuh. Senyawa ini juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata, kulit, rambut, dan fungsi hati. 

Vitamin B2 dalam jamur kuping juga mampu bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini atau meningkatkan resiko seseorang terserang penyakit kanker dan jantung.

5 Responses to "MANFAAT DAN CIRI CIRI JAMUR KUPING - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai"

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  3. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya :)

    ReplyDelete
  5. Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya

    di Indonesia?. Mari bergabung bersama kami & nikmati

    bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit

    Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk

    memenangkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta

    rupiah setiap harinya.

    Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

    Menyediakan 8 game dalam satu id
    * POKER
    * BANDAR Q
    * BANDAR POKER
    * DOMINO
    * CAPSA SUSUN
    * ADU Q
    * BANDAR 66
    * SAKONG

    keunggulan bermain di PESONAQQ :

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam

    online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * Bonus Referal 100% - 200%
    * Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

    Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
    *Livechat : DISINI
    * WA : +85511817618
    * BBM : 7A996166


    Langsung daftar ke link resmi kami KLIK DISINI

    ReplyDelete

Sahabat? alangkah baiknya berkomentar dahulu sebelum meninggalkan halaman. Karena Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar. Dan Satu keuntungan bagi anda dengan meninggalkan komentar, jika anda juga mempunyai blog. Maka, meninggalkan komentar adalah salah satu cara alternatif untuk membuat blog anda terindeks di search engine. Tapi komentarnya yang berhubungan dengan artikel ya? karna, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus dan terjaring otomatis oleh spam filter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel