KANDUNGAN GIZI DAN VITAMIN PADA SAYURAN - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai

Sayuran adalah bagian dari tanaman herba yang layak untuk dikonsumsi manusia. Nilai gizi sayuran mendefinisikan kandungan zat-zat esensial yang penting untuk mendukung kehidupan. Para ilmuwan mengkategorikan sayuran kedalam Nutraceuticals, karena merupakan perpaduan antara gizi dan obat-obatan. Zat kimia tertentu yang terdapat dalam sayuran memiliki khasiat obat. Menurut pakar kesehatan, orang-orang yang banyak sayuran dalam slim down mereka lebih energik, dan tidak mudah lelah



Kandungan Nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam sayuran 

Batang, daun, akar dan bunga � hampir setiap bagian dari beberapa tanaman yang digunakan oleh manusia mengandung beberapa bentuk gizi. Fakta yang perlu diketahui secara luas adalah, consume less calories seimbang dengan banyak ayuran adalah kunci untuk tetap sehat. Sementara itu, sayuran yang berbeda memiliki perbedaan dengan jumlah dan bentuk gizi. Namun beberapa diantara sayuran ada yang memiliki gizi lengkap, seperti contohnya brokoli. Brokoli adalah sayuran peringkat 1 dalam daftar sayuran withering bergizi didunia. 

Nilai Gizi Sayuran Daun 

Beberapa tanaman sayuran yang umum kita makan daunnya adalah bayam, kubis, lobak, dll Sayuran jenis ini kaya akan protein, serat, dan mineral seperti zat besi dan kalsium. Sayuran berdaun hijau juga memberi kita fitonutrien seperti karotenoid, vitamin C, K, dan asam folat. Kandungan lemak dalam sayuran jenis ini sangat rendah. Jadi jika Anda sedang dalam program eat less carbs menurunkan berat badan, sayuran daun perfect untuk Anda. Penyebab utama dari weakness adalah kekurangan zat besi. Bayam kaya akan kandungan zat besi alami, dan akan membantu untuk menghilangkan akar penyebab frailty. Kubis memberikan kita protein yang membantu untuk membangun otot. Serat yang banyak dalam kubis penting untuk mengeluarkan racun dari tubuh kita, dengan jalan membantu pencernaan usus. Berbagai fitokimia yang terdapat dalam sayuran berdaun akan melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan eksternal. Vitamin A penting untuk menangani masalah yang berhubungan dengan penglihatan. Vitamin K yang terdapat dalam sayuran daun bermanfaat mengatur pembekuan darah dan menjaga tulang kita sehat. 

Gizi Sayuran bunga 

Sayuran bunga termasuk brokoli, bungkul, dsb. Jenis sayuran ini kaya akan vitamin C, serat, kalsium, dll. Sayuran jenis ini memberikan kita dengan senyawa yang disebut sulforaphane, yang merupakan senyawa antikanker dan hostile to diabetes. Kandungan lemak dalam sayuran jenis ini juga rendah. Kandungan kalsium yang terdapat dalam brokoli adalah setara dengan yang terdapat dalam susu. Kalsium berkontribusi untuk kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Kalsium Juga penting untuk menjaga otot-otot jantung kita agar sehat. Hal ini juga membantu berbagai fungsi tubuh lain, seperti pengaturan detak jantung dan fungsi yang berhubungan dengan saraf. Serat dalam brokoli adalah jenis larut dalam air, dan baik untuk penderita diabetes. Bunga kol juga padat akan gizi, termasuk mengandung folat atau Vitamin B9. Vitamin ini akan membuat pertumbuhan sel-sel dalam tubuh menjadi cepat, dan juga diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang sehat sehingga mencegah iron deficiency. Asam folat juga sangat penting untuk wanita hamil, terutama dibutuhkan untuk perkembangan otak janin yang sehat. Bunga kol juga akan mengaktifkan enzim tertentu dalam tubuh kita yang dapat memperlambat atau mencegah pertumbuhan kanker. Serat makanan dari sayuran ini sangat diperlukan untuk pencernaan yang baik, dan juga bisa membantu untuk menyembuhkan gangguan pada usus besar. 

Gizi Kacang-kacangan 

Kacang polong, buncis, kacang panjang, dll, adalah termasuk kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung semua nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral seperti zat besi, kalium, kalsium, dll. Sayuran jenis ini umumnya juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Protein dari kacang-kacangan mirip dengan protein yang terdapat dalam daging. Kandungan vitamin lain yang tinggi pada kacang-kacangan adalah Vitamin A dan Vitamin B1. Vitamin B1 seringkali dikatakan sebagai antineuritik, karena membantu untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf. 

Gizi Sayuran berwarna Oranye atau merah 

Beberapa contoh sayuran berwarna oranye atau merah adalah tomat, wortel, bit, labu, dll. Sayuran ini umumnya menyediakan antioksidan, fitokimia, serat, dan berbagai macam mineral yang berguna untuk tubuh kita. Wortel berwarna orange karena mengandung betakaroten. Beta karoten dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A, yang membantu untuk mencegah berbagai masalah penglihatan. Senyawa penting dari tomat adalah lycopene, yang bekerja sebagai antioksidan. Tomat baik untuk kesehatan jantung, serta kaya akan vitamin A dan C. Warna merah pada bit adalah karena adanya antioksidan betacyani. Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin penting seperti vitamin B kompleks dan berbagai macam nutrisi, seperti zat besi, kalium natrium, dll. Bit sangat bermanfaat untuk peremajaan sel dan pembersih darah. Antioksidan yang terdapat dalam sayuran ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung koroner. Selain itu juga menjamin perlindungan kulit kita dari radiasi UV berbahaya dari sinar matahari. 

7 Responses to "KANDUNGAN GIZI DAN VITAMIN PADA SAYURAN - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai"

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  3. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
  4. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    ReplyDelete
  5. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di fanspoker.com
    add pin bb 55F97BD0 ditunggu ya :)

    ReplyDelete

  6. ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.

    ReplyDelete
  7. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    ReplyDelete

Sahabat? alangkah baiknya berkomentar dahulu sebelum meninggalkan halaman. Karena Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar. Dan Satu keuntungan bagi anda dengan meninggalkan komentar, jika anda juga mempunyai blog. Maka, meninggalkan komentar adalah salah satu cara alternatif untuk membuat blog anda terindeks di search engine. Tapi komentarnya yang berhubungan dengan artikel ya? karna, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus dan terjaring otomatis oleh spam filter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel