KLASIFIKASI TANAMAN MENTIMUN - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai

Mentimun atau ketimun atau timun merupakan salah satu jenis sayuran dari keluarga labu-labuan yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Asal tanaman mentimun dari benua Asia utara, Asia Selatan, India, dan Afrika Selatan. Columbus merupakan salah seorang yang menyebarluaskan tanaman mentimun ke seluruh dunia.


Klasifikasi Tanaman Mentimun
Mentimun Adalah Tanaman semusim yang berumur pendek. secara lengkap klasifikasi tanaman ini adalah sebagi berikut.
  • Kingdom : Plantae
  • Devisi : Spermatophyta
  • Subdevisi : Angiospermae
  • Class : Dicotyledoneae
  • Ordo : Cucurbitaceae
  • Genus : Cucumis
  • Spesies : Cucumis salivus
Morfologi dan Anatomi Mentimun
Tanaman mentimun merupakan tanaman semusim yang bersipat menjalar atau memanjat dengan perantaraan pemegang yang berbentuk spiral. Btang basah, berbulu, serta berbuku buku,. Tinggi tanaman bisa mencapai 50-250 cm, bercabang dan berbuah di sisi tangkai daun. 

Daunnya berbentuk bulat lebar, bersegi mirip jantung, pada ujungnya meruncing yang tumbuhnya selang seling keluar dari ruasnya. mentimun mempunyai perakaran tunggang dan bulu bulu akar yang relatif dangkal.

Bunga mentimun kurang begitu baik karena sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Bentuk bunga mentimun mirip terompet yang mahkota bunganya berwarna putih atau kuning cerah.
Buah mentimun letaknya menggantung dari ketiak daun dan batang yang umumnya bulat panjang dan bulat pendek. Kulit buah mentimun ada yang berbintil bintil , ada juga yang halus. Warna kulit buah antara hijau keputih putihan , hijau muda, dan hijau gelap, 

Biji mentimun bentuknya pipih, kulitnya berwarna putih atau kekuningan sampai coklat yang digunakan sebagi perbanyakan tanaman.

0 Response to "KLASIFIKASI TANAMAN MENTIMUN - Kharisma Keperawatan - Blog Mahasiswa STIKes Kharisma Karawang - Ahmad Rifai"

Post a Comment

Sahabat? alangkah baiknya berkomentar dahulu sebelum meninggalkan halaman. Karena Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar. Dan Satu keuntungan bagi anda dengan meninggalkan komentar, jika anda juga mempunyai blog. Maka, meninggalkan komentar adalah salah satu cara alternatif untuk membuat blog anda terindeks di search engine. Tapi komentarnya yang berhubungan dengan artikel ya? karna, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus dan terjaring otomatis oleh spam filter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel