Cara memperlakukan sayuran dengan baik

Salam Hangat Dari Orang Karawang. Kang Baa.

Semua orang pasti tahu bahwa sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung zat-zat gizi yang berguna bagi tubuh kita. Yang menjadi masalah ternyata sayur-sayuran tersebut memerlukan perlakuan khusus agar/supaya zat-zat gizi yang berguna yang terkandung dalam sayuran tidak hilang. Beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya zat-zat gizi yang terkandung didalam sayuran tidak hilang.
  1. Dalam hal mengupas, terutama untuk kentang dan wortel, sebaiknya dilakukan setipis mungkin supaya tidak banyak zat-zat gizi yang hilang yang ternyata banyak terdapat di sekitar kulit.
  2. Pada saat mencuci sebaiknya dilakukan sebelum sayuran dipotong-potong agar tidak terlalu banyak melarutkan kandungan zat gizinya.
  3. Sebaiknya potong sayur-sayuran dalam ukuran agak besar. Semakin kecil potongan sayuran akan semakin banyak vitamin dan mineral yang terlarut pada waktu dicuci.
  4. Lakukan pemasakan dengan sedikit air. Apabila sayuran dimasak berkuah, usahakan juga untuk meminum kuahnya.
  5. Memasukkan sayuran kedalam panci hendaknya dilakukan setelah air mendidih, untuk memperpendek waktu kontak dengan air panas. Pemasakan dengan cara dikukus akan membuat lebih sedikit zat gizi yang hilang dibandingkan dengan cara direbus.
  6. Pada saat memasak panci jangan dalam kondisi tertutup, agar asam-asam bisa menguap sehingga sayuran tetap berwarna hijau dan tidak berubah warna.
  7. atau membuat sayur bersantan (sayur lodeh misalnya), gunakan air perebus sesedikit mungkin. Setelah sayuran lunak, baru masukkan santan dan diaduk agar santan tidak pecah.
  8. Pada saat menumis lebih baik menggunakan minyak nabati. Masukkan sayuran ke dalam wajan setelah panas dan tutup sebentar. Penumisan sangat baik dilakukan untuk melarutkan vitamin A, E, D, dan K pada sayuran sehingga gampang diserap oleh tubuh.

Referensi :
http://gayahidupsehat.org/cara-memperlakukan-sayuran-yang-benar/#ixzz2UDMu0DJM




Daftar Isi Blog Berdasarkan Label / Category

0 Response to "Cara memperlakukan sayuran dengan baik"

Post a Comment

Sahabat? alangkah baiknya berkomentar dahulu sebelum meninggalkan halaman. Karena Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar. Dan Satu keuntungan bagi anda dengan meninggalkan komentar, jika anda juga mempunyai blog. Maka, meninggalkan komentar adalah salah satu cara alternatif untuk membuat blog anda terindeks di search engine. Tapi komentarnya yang berhubungan dengan artikel ya? karna, komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus dan terjaring otomatis oleh spam filter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel